Jumat, 05 Juni 2015

Penjelasan Singkat Beberapa Istilah dalam Statistika

Dalam berbagai kesempatan seringkali kita mendengar istilah statistika, ilmu yang mempelajari tentang statistik, umumnya orang-orang akan langsung menafsirkannya dengan ilmu yang mempelajari sesuatu yang terkait dengan angka, survei dan semacamnya.



Nah tahukah anda apa itu statistik sebenarnya? 
Menurut KBBI, statistik adalah [1] catatan angka-angka (bilangan); perangkaan; [2] data yg berupa angka yg dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yg berarti mengenai suatu masalah atau gejala.
Nah sekarang saya akan coba memberikan penjelasan pribadi lebih tentang statistik. Let's check it out!

Statistik merupakan angka-angka yang digunakan untuk melakukan estimasi terhadap parameter. Parameter itu sendiri adalah karakteristik suatu populasi. Oke, tambah bingung? Nah jelasnya begini, dalam mempelajari statistika, kita diharapkan mampu untuk melakukan peramalan (estimasi) untuk memperkirakan karakteristik-karakteristik dalam populasi berdasarkan data yang ada dari sampel. Karakteristik-karakteristik tersebut bisa berupa rata-rata, total, proporsi, dll.

Contoh sederhananya adalah, misalnya kita ingin melakukan penelitian jumlah pelajar di Kota A yang merokok di jenjang SMP. Nah tentu kecil kemungkinannya kita mampu menanyai seluruh pelajar SMP di Kota A tersebut satu per satu. Kalaupun mampu, untuk melakukan "pendataan seluruh unit populasi tersebut" (yang biasa dikenal dengan sensus) akan membutuhkan biaya dan tenaga yang sangat besar. Sehingga, alternatifnya adalah "pendataan menggunakan data sampel" (dikenal dengan sebutan survei). Jadi kita cukup melakukan pendataan terhadap sebagian remaja di Kota A, lalu menghitung jumlah perokok yang didapat dari data sampel tersebut untuk kemudian dilakukan estimasi terhadap jumlah perokok dari keseluruhan populasi (remaja di Kota A). Nah, yang disebut dengan statistik itu adalah data banyaknya perokok dari hasil survei. Sedangkan parameter nya adalah banyaknya perokok dari keseluruhan pelajar SMP di Kota A.

Jadi dari contoh sederhana di atas dapat disimpulkan beberapa definisi diantaranya :
  1. Statistik adalah nilai karakteristik yang didapat dari hasil survei yang digunakan untuk mengestimasi nilai parameter.
  2. Parameter adalah nilai karakteristik suatu populasi.
  3. Sensus adalah upaya untuk mendapatkan data tertentu dengan melakukan pendataan terhadap seluruh elemen populasi terkait.
  4. Survei adalah upaya untuk mendapatkan data tertentu dengan melakukan pendataan terhadap sebagian elemen populasi terkait yang terpilih sebagai sampel.
Nah kira-kira itulah penjelasan beberapa istilah dalam statistika, adapun penggunaan ilmu statistika serta kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan survei akan saya bahas dalam artikel-artikel selanjutnya. semoga bermanfaat :)
Posted by: Abdurrahman Izzi
Izzi Blog, Updated at: 18.18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar